Pijat Panggilan Medan

Jasa Massage atau Pijat Panggilan Medan 24 Jam dengan keutamaan Terapis bisa anda pilih. Melayani seluruh wilayah Seluruh kota Medan meliputi Kecamatan Amplas / Medan Area / Medan Barat / Medan Baru / Medan Belawan / Medan Denai / Medan Helvetia / Medan Johor / Medan Kota / Medan Labuhan / Medan Maimun / Medan Marelan / Medan Perjuangan / Medan Petisah / Medan Polonia / Medan Sunggal / Medan Selayang / Medan Tembung / Medan Tuntungan / Medan Timur.

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya serta kota terbesar di luar pulau Jawa.[6][7] Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api. Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api. Berbatasan dengan Selat Malaka, Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia. Pada tahun 2020, kota Medan memiliki penduduk sebanyak 2.435.252 jiwa, dan kepadatan penduduk 9.522,22 jiwa/km2.[1]

Sejarah Medan berawal dari sebuah kampung yang didirikan oleh Guru Patimpus di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590. Selanjutnya pada tahun 1632, Medan dijadikan pusat pemerintahan Kesultanan Deli, sebuah kerajaan Melayu. Bangsa Eropa mulai menemukan Medan sejak kedatangan John Anderson dari Inggris pada tahun 1823. Peradaban di Medan terus berkembang hingga Pemerintah Hindia Belanda memberikan status kota pada 1 April 1909 dan menjadikannya pusat pemerintahan Karesidenan Sumatra Timur. Memasuki abad ke-20, Medan menjadi kota yang penting di luar Jawa, terutama setelah pemerintah kolonial membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran.

Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar.[8][9] Medan adalah kota multietnis yang penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Minangkabau, Mandailing, dan India. Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di berbagai sudut kota. Di samping kantor-kantor pemerintah provinsi, di Medan juga terdapat kantor-kantor konsulat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Jerman.

Sejarah

Medan berasal dari kata bahasa Tamil Maidhan atau Maidhanam, yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas, yang kemudian teradopsi ke Bahasa Melayu.

Hari jadi Kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970 yang pada mulanya ditetapkan pada tanggal 1 April 1909. Tanggal ini kemudian mendapat bantahan yang cukup keras dari kalangan pers dan beberapa ahli sejarah. Karena itu, Wali kota membentuk panitia sejarah hari jadi Kota Medan untuk melakukan penelitian dan penyelidikan. Surat Keputusan Wali kotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No. 342 tanggal 25 Mei 1971 yang waktu itu dijabat oleh Drs. Sjoerkani membentuk Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan. Duduk sebagai Ketua adalah Prof. Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA, Anggotanya antara lain Ny. Mariam Darus, SH dan T.Luckman, SH. Untuk lebih mengintensifkan kegiatan kepanitiaan ini dikeluarkan lagi Surat Keputusan Wali kotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No.618 tanggal 28 Oktober 1971 tentang Pembentukan Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan dengan Ketuanya Prof.Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA dan Anggotanya H. Mohammad Said, Dada Meuraxa, Letkol. Nas Sebayang, Nasir Tim Sutannaga, M.Solly Lubis, SH, Drs. Payung Bangun, MA dan R. Muslim Akbar. DPRD Medan sepenuhnya mendukung kegiatan kepanitiaan ini sehingga merekapun membentuk Pansus dengan ketua M.A. Harahap, beranggotakan antara lain Drs. M.Hasan Ginting, Djanius Djamin, Badar Kamil, BA dan Mas Sutarjo.

Dalam buku The History of Medan tulisan Tengku Luckman Sinar (1991), dituliskan bahwa menurut “Hikayat Aceh”, Medan sebagai pelabuhan telah ada pada tahun 1590, dan sempat dihancurkan selama serangan Sultan Aceh Alauddin Saidi Mukammil kepada Raja Haru yang berkuasa di situ. Serangan serupa dilakukan Sultan Iskandar Muda tahun 1613, terhadap Kesultanan Deli. Sejak akhir abad ke-16, nama Haru berubah menjadi Ghuri, dan akhirnya pada awal abad ke-17 menjadi Deli. Pertempuran terus-menerus antara Haru dengan Aceh mengakibatkan penduduk Haru jauh berkurang. Sebagai daerah taklukan, banyak warganya yang dipindahkan ke Aceh untuk dijadikan pekerja kasar.

Selain dengan Aceh, Kerajaan Haru yang makmur ini juga tercatat sering terlibat pertempuran dengan Kerajaan Melayu di Semenanjung Malaka dan juga dengan kerajaan dari Jawa. Serangan dari Pulau Jawa ini antara lain tercatat dalam kitab Pararaton yang dikenal dengan Ekspedisi Pamalayu. Dalam Negarakertagama, Mpu Prapanca juga menuliskan bahwa selain Pane (Panai), Majapahit juga menaklukkan Kampe (Kampai) dan Harw (Haru). Berkurangnya penduduk daerah pantai timur Sumatra akibat berbagai perang ini, lalu diikuti dengan mulai mengalirnya suku-suku dari dataran tinggi pedalaman turun ke pesisir pantai timur Sumatra. Suku Karo bermigrasi ke daerah pantai Langkat, Serdang, dan Deli. Suku Simalungun ke daerah pantai Batubara dan Asahan, serta suku Mandailing ke daerah pantai Kualuh, Kota Pinang, Panai, dan Bilah.[10]

Dalam Riwayat Hamparan Perak yang dokumen aslinya ditulis dalam huruf Karo pada rangkaian bilah bambu, tercatat Guru Patimpus Sembiring Pelawi, tokoh masyarakat Karo, sebagai orang yang pertama kali membuka “desa” yang diberi nama Medan. Namun, naskah asli Riwayat Hamparan Perak yang tersimpan di rumah Datuk Hamparan Perak terakhir telah hangus terbakar ketika terjadi “kerusuhan sosial”, tepatnya tanggal 4 Maret 1946. Patimpus adalah anak Tuan Si Raja Hita, pemimpin Karo yang tinggal di Kampung Pekan (Pakan). Ia menolak menggantikan ayahnya dan lebih tertarik pada ilmu pengetahuan dan mistik, sehingga akhirnya dikenal sebagai Guru Patimpus. Antara tahun 1614-1630 Masehi, ia belajar agama Islam dan di-Islamkan oleh Datuk Kota Bangun, setelah kalah dalam adu kesaktian. Selanjutnya Guru Patimpus menikah dengan adik Tarigan, pemimpin daerah yang sekarang bernama Pulau Brayan dan membuka Desa Medan yang terletak di antara Sungai Babura dan Sungai Deli. Dia pun lalu memimpin desa tersebut.[10]

Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada tahun 1590 kemudian dipandang sebagai pembuka sebuah kampung yang bernama Medan Puteri walaupun sangat minim data tentang Guru Patimpus sebagai pendiri Kota Medan. Karenanya hari jadi ditetapkan berdasarkan perkiraan tanggal 1 Juli 1590 dan diusulkan kepada Wali kota Medan untuk dijadikan sebagai hari jadi Medan dalam bentuk perkampungan, yang kemudian dibawa ke Sidang DPRD Tk.II Medan untuk disahkan. Berdasarkan Sidang DPRD tanggal 10 Januari 1973 ditetapkan bahwa usul tersebut dapat disempurnakan. Sesuai dengan sidang DPRD, Wali kotamadya Kepala Daerah Tingkat II Medan mengeluarkan Surat Keputusan No.74 tanggal 14 Februari 1973 agar Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan melanjutkan kegiatannya untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berdasarkan perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh M.A.Harahap bulan Maret 1975 bahwa tanggal 1 Juli 1590. Secara resmi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk.II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan dan mencabut Hari Ulang Tahun Kota Medan yang diperingati tanggal 1 April setiap tahunnya pada waktu sebelumnya.

Di Kota Medan juga menjadi pusat Kesultanan Melayu Deli, yang sebelumnya adalah Kerajaan Aru. Kesultanan Deli adalah sebuah kesultanan Melayu yang didirikan pada tahun 1632 oleh Tuanku Panglima Gocah Pahlawan di wilayah bernama Tanah Deli (kini Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Indonesia).

John Anderson, orang Eropa asal Inggris yang mengunjungi Deli pada tahun 1833 menemukan sebuah kampung yang bernama Medan. Kampung ini berpenduduk 200 orang dan seorang pemimpin bernama Raja Pulau Berayan sudah sejak beberapa tahun bermukim disana untuk menarik pajak dari sampan-sampan pengangkut lada yang menuruni sungai. Pada tahun 1886, Medan secara resmi memperoleh status sebagai kota, dan tahun berikutnya menjadi ibu kota Karesidenan Sumatra Timur sekaligus ibu kota Kesultanan Deli. Tahun 1909, Medan menjadi kota yang penting di luar Jawa, terutama setelah pemerintah kolonial membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran. Dewan kota yang pertama terdiri dari 12 anggota orang Eropa, dua orang bumiputra Melayu, dan seorang Tionghoa.

Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 terdapat dua gelombang migrasi besar ke Medan. Gelombang pertama berupa kedatangan orang Tionghoa dan Jawa sebagai kuli kontrak perkebunan. Tetapi setelah tahun 1880 perusahaan perkebunan berhenti mendatangkan orang Tionghoa, karena sebagian besar dari mereka lari meninggalkan kebun dan sering melakukan kerusuhan. Perusahaan kemudian sepenuhnya mendatangkan orang Jawa sebagai kuli perkebunan. Orang-orang Tionghoa bekas buruh perkebunan kemudian didorong untuk mengembangkan sektor perdagangan. Gelombang kedua ialah kedatangan orang Minangkabau, Mandailing, dan Aceh. Mereka datang ke Medan bukan untuk bekerja sebagai buruh perkebunan, tetapi untuk berdagang, menjadi guru, dan ulama.

Sejak tahun 1950, Medan telah beberapa kali melakukan perluasan areal, dari 1.853 ha menjadi 26.510 ha pada tahun 1974. Dengan demikian dalam tempo 25 tahun setelah penyerahan kedaulatan, kota Medan telah bertambah luas hampir delapan belas kali lipat.

Geografi

Peta kecamatan di Kota Medan.

Kota Medan memiliki luas 26.510 hektare (265,10 km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatra Utara. Dengan demikian, dibandingkan dengan kota/kabupaten lainya, Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30′ – 3° 43′ Lintang Utara dan 98° 35′ – 98° 44′ Bujur Timur. Untuk itu topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2,5 – 37,5 meter di atas permukaan laut.

Batas Wilayah

Secara administratif, batas wilayah Medan adalah sebagai berikut:

UtaraSelat Malaka
TimurKabupaten Deli Serdang
SelatanKabupaten Deli Serdang
BaratKabupaten Deli Serdang

Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu daerah yang kaya dengan sumber daya alam (SDA), khususnya di bidang perkebunan dan kehutanan. Karena secara geografis Medan didukung oleh daerah-daerah yang kaya sumber daya alam, seperti Deli Serdang, Labuhan Batu, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Karo, Binjai, dan lain-lain. Kondisi ini menjadikan kota Medan secara ekonomi mampu mengembangkan berbagai kerjasama dan kemitraan yang sejajar, saling menguntungkan, saling memperkuat dengan daerah-daerah sekitarnya.

Di samping itu sebagai daerah pinggiran jalur pelayaran Selat Malaka, Medan memiliki posisi strategis sebagai gerbang (pintu masuk) kegiatan perdagangan barang dan jasa, baik perdagangan domestik maupun luar negeri (ekspor-impor). Posisi geografis Medan ini telah mendorong perkembangan kota dalam dua kutub pertumbuhan secara fisik, yaitu daerah Belawan dan pusat Kota Medan saat ini.

Sungai

Sedikitnya ada sembilan sungai yang melintasi kota ini:

  • Sungai Belawan
  • Sungai Badera
  • Sungai Sikambing
  • Sungai Putih
  • Sungai Babura
  • Sungai Deli
  • Sungai Sulang-Saling
  • Sungai Kera
  • Sungai Tuntungan

Tata cara order di pijat panggilan kami sebagai berikut :

Semua paket kami bisa pilih terapis.
Pilih paket massage yang kami tawarkan kepada anda beserta harga yang tertera.

Silahkan beritahu posisi hotel / apartemen anda beserta room nya untuk mempermudah proses ordering karena itu juga menentukan Terapis yang ready di wilayah tersebut serta menunjukan keseriusan anda dalam memesan massage bersama kami.

Kami akan menampilkan poto terapis sesuai paket yang dipilih.

Sudah menjadi komitmen kami bahwa terapis yang kami kirim ke tempat anda adalah terapis yang benar-benar SESUAI pilihan anda dan BUKAN terapis lain(Asal Kirim) .

Kami akan jelaskan secara detail tentang terapis yang anda pilih tentang jenis pijatnya(kuat /biasa), postur tubuhnya(kurus/sedang / gemuk) supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Tanpa DP, Pembayaran dilakukan setelah selesai massage kepada Terapis kami secara langsung.

Harga Nett (Tidak ada biaya tambahan KECUALI Anda menginginkan penambahan treatment spt; Totok wajah, Scrub, Kerik, Refleksi Dll.)

Harga Layanan Pijat Panggilan Kami :

Untuk harga layanan yang kita berikan sangat murah, cukup dengan 300.000 dengan durasi 120 menit anda bisa pijat full body massage dengan terapis muda pria dan wanita bisa pilih sesuai pemesanan .

DAFTAR LAYANAN PIJAT PANGGILAN :

1.Traditional Massage
2.Body Massage
3.Shiatsu Massage
4.Swedish Massage
5.Balinese Massage
6.Thai Massage
7.Kerik Badan
8.Body Scrub
9.Cupping Massage
10.Head Massage
11.Totok Wajah
12.Aroma Terapi Massage
13.Hot Stone Massage
14.Deep tissue massage
15.Pijat prenata
16.Pijat Reflexology
17.Sport Massage

Jenis – Jenis Pemijatan Pada umumnya di masyarakat sebagai berikut :

1.Pijat refleksi kaki
Refleksi kaki didasarkan pada bagian titik-titik di kaki yang bisa merangsang semua bagian di tubuh sehingga membawa perubahan fisiologis secara menyeluruh.Manfaat yang didapat bisa meningkatkan sirkulasi, relaksasi, mengurangi nyeri serta meningkatkan memori.

2.Thai massage
Pijat tubuh ini didasarkan pada prinsip menyelaraskan semua energi di dalam tubuh.Umumnya menggunakan jari-jari dan batu hitam yang runcing serta memanfaatkan titik-titik tekanan di tubuh. Dalam pijat ini ada cukup banyak peregangan yang benar-benar bisa meremajakan tubuh.

3.Hot stone massage
Pijat ini juga dikenal sebagai Kerala massage yang berasal dari India. Jika sebagian besar tubuh terasa nyeri karena otot kaku atau terlalu tegang maka pijat ini adalah pilihan yang terbaik. Umumnya batu khusus yang halus akan dipanaskan terlebih dahulu dan ditempatkan pada titik-titik tekanan yang berbeda di tubuh untuk mengurangi rasa sakit.

4.Deep tissue massage
Pijat ini dilakukan pada kulit tapi menargetkan lapisan dalam dari jaringan dibawahnya. Teknik gesekan yang digunakan dalam pijat ini memberikan manfaat pada orang yang baru sembuh dari cedera dan menghilangkan rasa sakit.

5.Aromatherapy massage
Fungsi dari jenis pemijatan ini didasarkan pada prinsip sederhana yaitu dengan merangsang indera yang ada di tubuh. Berbagai minyak aromatik dengan aroma berbeda digunakan untuk mengurangi stres pada otot dan menyegarkan suasana.

6.Swedish massage
Dasar dari pemijatan seluruh tubuh ini adalah dengan melibatkan gerakan tangan yang khas seperti meremas dan memberikan tinjuan ringan untuk menghilangkan rasa sakit. Namun jika rasa sakit pada tubuh masih bertahan untuk periode waktu yang panjang, maka sebaiknya coba dikonsultasikan dengan dokter.

Pijat adalah metode penyembuhan atau terapi kesehatan tradisional, dengan cara memberikan tekanan kepada tubuh, baik secara terstruktur, tidak terstruktur, menetap, atau berpindah tempat dengan memberikan tekanan, gerakan, atau getaran, baik dilakukan secara manual ataupun menggunakan alat mekanis. Pijat biasanya menggunakan tangan, jemari, sikut, lengan, kaki, atau alat pemijat. Pijat dapat memberikan relaksasi, rasa nyaman, dan kebugaran.

Sejarah Pijat

Terdapat catatan tertua mengenai sejarah pijat yang tertulis dalam Papyrus Ebers, yakni catatan kedokteran pada zaman Mesir Kuno. Ada pula catatan kedokteran tentang pijat dari India sekitar tahun 1.800 SM. Kedua buku tersebut memuat tentang seni pijat, diet, olahraga, dan berbagai catatan kedokteran lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Penggunaan pijat sebagai salah satu alternatif pengobatan ini didukung oleh para dokter dari Cina sekitar 5.000 tahun sham yang mempercayai bahwa pijat merupakan teknik pengobatan penting. Beberapa bukti penemuan tersebut menegaskan, bahwa sebenarnya seni pijat sudah banyak dipraktikkan dalam budaya umat manusia di dunia yang dilakukan secara turun-temurun. Meski banyak orang yang belum mengetahui tentang teknik pijat yang benar, tetapi secara tidak sadar mereka telah melakukan sentuhan-sentuhan yang tidak lain adalah bagian dari seni pijat itu sendiri.

Di India, pijat telah menjadi bagian dari tradisi dalam perawatan keseharian. Para Ibu di India mempelajari keterampilan tersebut dari mertua atau orang tuanya. Mereka cenderung mempertahankan budaya warisan leluhurnya. Bahkan, pijatan mulai dilakukan tak lama setelah bayi lahir atau setelah tali pusar bayi lepas (puput). Caranya pemijatannya cukup sederhana, yakni dengan melakukan gerakan-gerakan peregangan pada tubuh anak tanpa menyakitinya.

Di Benua Afrika, teknik pemijatan dan minyak pijat yang digunakan untuk anak dapat berbeda-beda antara negara yang satu dengan lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh tradisi masyarakat setempat. Misalnya, para Ibu di Nigeria lebih suka menggunakan minyak kelapa sawit, sedangkan masyarakat Ghana memilih shea butter, suatu jenis lemak nabati yang dieksstrak dari tanaman shea (Vitellaria paradoxa) yang tumbuh dl Afrika. Pijatan biasanya dilakukan setelah anak selesai mandi dengan memberikan tekanan yang agak kuat. Menurut keyakinan penduduk Afrika, pemijatan yang kuat akan lebih memberikan peningkatan flekslbllltas dan kekuatan bagi anak dalam masa tumbuh kembangnya kelak

Pelanggaran Pijat Urut

Terapi pijat tidak boleh dilakukan kepada orang yang mengalami cedera kaki, luka, asam urat, atau peradangan di bagian kaki maka karena akan membuat cedera bertambah parah. Selain itu, pijat juga lebih baik dihindari oleh wanita yang sedang hamil, terutama ketika usia kehamilan masih berada pada trimester pertama. Tekanan yang diterima dari pijatan pada telapak kaki akan merangsang kontraksi yang cukup hebat pada ibu hamil. Pelarangan pijat juga berlaku untuk orang yang memiliki masalah pembekuan darah. Terapi refleksiologi yang dilakukan bisa meningkatkan sirkulasi yang berpotensi mengakibatkan gumpalan darah pada daerah jantung lalu akan menjalar ke bagian otak.

Tehnik Pijat

Terknik dalam melakukan pijatan yang populer digunakan ada 5. Pertama, teknik pijat jaringan dalam biasa digunakan sebagai perawatan bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri. Misalnya keseleo dan nyeri pada bahu, nyeri persendian, atau leher tertekan. Pijatan ini sering diterapkan pada para atlet walaupun rasanya cukup menyakitkan. Kedua, terapi pijat batu panas yang menggunakan batu basal dengan kandingan zat besi yang ada di dalamnya. Batu ini berguna menahan panas yang ada dalam tubuh. Memijat dengan batu basal dapat melemaskan ketegangan otot, meningkatkan peredaran atau sirkulasi darah, dan membuat pikiran menjadi tenang. Pijatan ini bisa membuat tubuh rileks dan tidak stres. Ketiga, perawatan pijat Thai terkenal dengan gerakan yang menyerupai senam. Terapis menggunakan kaki dan lutut untuk menekan tubuh. Keuntungan menggunakan teknik ini adalah saat dipijat masih bisa mengenakan pakaian, tidak menggunakan lotion, batu, atau minyak untuk memijat. Keempat, pijat Jepang atau pijat shiatsu memiliki arti tekanan jari. Pijatan ini dilakukan khusus untuk menenangkan pikiran atau meningkatan peredaran darah pada sistem saraf.[5] Kelima, teknik pijat Swedia sangat sederhana untuk merangsang jaringan lunak. Hanya membutuhkan bahan minyak aromaterapi. Pijatan ini memerlukan tekanan yang cukup lembut dengan tekanan dalam untuk meningkatkan peredaran darah dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Gerakan memutar lembut membantu relaksasi otot dan mendorong pelepasan hormon endorfin yang merupakan penghilang sakit alami tubuh.

Manfaat Pijat :

1.Mengurangi ketegangan yang terasa ketika nyeri otot.
2.Meningkatkan sirkulasi pada tubuh.
3.Menstimulasi imunitas atau sistem kekebalan tubuh.
4.Mengurangi hormon yang dapat menyebabkan stres.
5.Menjaga keseimbangan pada tekanan darah.
6.Meningkatkan kelenturan sendi-sendi.
7.Membantu pemulihan penderita cedera.
8.Bisa dijadikan sarana refleksi terutama untuk meredakan rasa cemas atau depresi.
9.Membantu pasien arthritis dengan cara meredakan otot yang kaku, mengurangi rasa nyeri dan melancarkan gerakan.
10.Mengurangi efek samping pengobatan kanker seperti kelelahan, mual, depresi, pembengkakan, dan rasa sakit

Berikut adalah daftar kecamatan dan kelurahan/desa di Kota Medan, Sumatra Utara, Indonesia. Kota Medan terdiri dari 21 kecamatan dan 151 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 265,00 km² dan jumlah penduduk sekitar 2.478.145 jiwa (2017) dengan kepadatan penduduk 9.352 jiwa/km².[1][2]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Medan, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
12.71.09Medan Amplas7Amplas Bangun Mulia Harjosari I Harjosari II Sitirejo II Sitirejo III Timbang Deli
12.71.10Medan Area12Kotamatsum I Kotamatsum II Kotamatsum IV Tegal Sari I Tegal Sari II Tegal Sari III Pandau Hulu II Sei Rengas II Sei Rengas Permata Pasar Merah Timur Sukaramai I Sukaramai II
12.71.05Medan Barat6Glugur Kota Karang Berombak Kesawan Pulo Brayan Kota Sei Agul Silalas
12.71.17Medan Baru6Babura Darat Merdeka Padang Bulan Petisah Hulu Titi Rantai
12.71.08Medan Belawan6Bagan Deli Belawan Bahagia Belawan Bahari Belawan Sicanang Belawan I Belawan II
12.71.06Medan Deli6Kota Bangun Mabar Mabar Hilir Tanjung Mulia Tanjung Mulia Hilir Titi Papan
12.71.04Medan Denai6Binjai Denai Medan Tenggara Tegalsari Mandala I Tegalsari Mandala II Tegalsari Mandala III
12.71.03Medan Helvetia7Cinta Damai Dwikora Helvetia Helvetia Tengah Helvetia Timur Sei Sikambing C II Tanjung Gusta
12.71.11Medan Johor6Gedung Johor Kedai Durian Kwala Bekala Pangkalan Mansyur Sukamaju Titi Kuning
12.71.01Medan Kota12Kotamatsum III Mesjid Pandau Hulu I Pasar Baru Pasar Merah Barat Pusat Pasar Sei Rengas I Sitirejo I Sudirejo I Sudirejo II Teladan Barat Teladan Timur
12.71.13Medan Labuhan6Besar Martubung Nelayan Indah Pekan Labuhan Sei Mati Tangkahan
12.71.15Medan Maimun6Aur Hamdan Jati Kampung Baru Sei Mati Sukaraja
12.71.12Medan Marelan5Labuhan Deli Paya Pasir Rengas Pulau Tanah Enam Ratus Terjun
12.71.18Medan Perjuangan9Tegal Rejo Sidorame Barat I Sidorame Barat II Sidorame Timur Sei Kera Hilir I Sei Kera Hilir II Sei Kera Hulu Pahlawan Pandau Hilir
12.71.19Medan Petisah7Petisah Tengah Sei Putih Barat Sei Putih Tengah Sei Putih Timur I Sei Putih Timur II Sei Sikambing D Sekip
12.71.16Medan Polonia5Anggrung Madras Hulu Polonia Sari Rejo Suka Damai
12.71.02Medan Sunggal6Babura Sunggal Lalang Sei Sikambing B Simpang Tanjung Sunggal Tanjung Rejo
12.71.21Medan Selayang6Asam Kumbang Beringin Padang Bulan Selayang I Padang Bulan Selayang II Sempakata Tanjung Sari
12.71.14Medan Tembung7Bandar Selamat Bantan Bantan Timur Indra Kasih Sidorejo Sidorejo Hilir Tembung
12.71.07Medan Tuntungan9Baru Ladang Bambu Kemenangan Tani Lau Cih Mangga Namo Gajah Sidomulyo Simalingkar B Simpang Selayang Tanjung Selamat
12.71.20Medan Timur11Durian Gaharu Gang Buntu Glugur Darat I Glugur Darat II Perintis Pulo Brayan Bengkel Pulo Brayan Bengkel Baru Pulo Brayan Darat I Pulo Brayan Darat II Sidodadi
TOTAL151

Daftar Tempat Wisata Medan Populer

Ada banyak tempat wisata bersejarah di Medan yang bisa Anda kunjungi, yaitu:

Istana Maimun

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Salah satu ikon Kota Medan adalah Istana Maimun yang ada di pusat Kota Medan. Istana ini dibangun pada tahun 1898 atas perintah Sultan Ma’moen Al Rasyid yang merupakan Sultan Deli pada waktu itu.

Anda yang datang ke Kota Medan wajib untuk mengunjungi istana ini. Di sini Anda bisa melihat peninggalan kebudayaan Kesultanan Deli. Ada banyak juga spot-spot menarik yang bisa Anda abadikan di sini.

Salah satu koleksi terkenal di istana ini adalah Meriam Puntung. Meriam ini sangat legendaris dan terkenal mistis di kalangan masyarakat Medan. Biasanya disekitar tempat wisata populer di medan ini banyak pedagang oleh-oleh khas Medan.

Tjong A Fie Mansion

Medan kaya akan bangunan sejarah yang wajib Anda datangi, salah satunya adalah bangunan Tjong A Fie Mansion. Bangunan ini dulunya adalah rumah milik saudagar kaya raya asal Cina. Arsitektur bangunan ini sangat kental dengan budaya Tionghoa.

Jika dilihat dari luar, bangunan ini memang tampak sempit tapi setelah masuk bangunan ini sangat luas dan unik. Untuk berkeliling di sini Anda cukup membayar Rp 35.000 per orang sudah mendapatkan tour guide. Agar perjalanan Anda lebih nyaman, kami merekomendasikan agar Anda sewa mobil innova medan.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Bingung membawa anak berwisata di Medan? Anda bisa mengunjungi Rahmat International Wildlife Museum & Gallery.

Museum yang didirikan oleh Dr H. Rahmadsyah ini merupakan museum binatang liar. Binatang-binatang liar yang sudah diawetkan dipajang di dalam museum ini. Di sini anak-anak akan diajak belajar mengenal hewan liar dan cara merawat hewan yang benar.

Harga tiket masuk ke museum ini adalah Rp 50.000 per orang. Untuk anak-aak di bawah 2 tahun tiket masuknya gratis.

Museum Negeri Sumatera Utara

Salah satu museum terbesar Medan bahkan di Sumatera Utara adalah Museum Negeri Sumatera Utara. Museum ini mempunyai koleksi berbagai peninggalan sejarah di Sumatera Utara. Anda bisa melihat dan mempelajari berbagai peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Utara di sini.

Museum Situs Kota China

Salah satu tempat wisata museum Medan yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Situs Kota China yang ada di tepi Danau Siombak. Museum ini merupakan museum arkeologi yang menyimpan banyak benda-benda pra sejarah.

Museum Uang Sumatera

Adalagi museum lainnya di Medan yang harus Anda kunjungi yaitu Museum Uang Sumatera yang ada di dekat Istana Maimun. Museum ini sudah ada sejak tahun 2017 dan menyimpan koleksi uang yang pernah ada di Indonesia. Di sini Anda juga bisa belajar bagaimana sejarah peredaran uang di Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia

Medan masih mempunyai museum yang wajib Anda kunjungi yaitu Museum Perkebunan Indonesia. Museum ini ada di Medan Maimun dan menjadi salah satu pusat informasi perkebunan di Indonesia. Anda yang ingin tahu bagaimana perkembangan sejarah industri perkebunan Indonesia wajib datang ke sini.

Tjong Yong Hian Gallery

Salah satu wisata bangunan bersejarah di Medan adalah Tjong Yong Hian Gallery. Bangunan ini ada di daerah Medan Petisah, sekarang ini bangunan ini menjadi museum dan banyak dikunjungi. Tidak hanya melihat koleksinya saja tapi juga mengambil gambar di spot foto yang unik di sini.

Museum Perjuangan TNI

Ingin melihat koleksi senjata TNI Indonesia? Anda bisa datang ke Museum Perjuangan TNI yang ada di Petisah Tengah, Medan. Di sini Anda bisa melihat berbagai senjata koleksi TNI yang sudah tidak digunakan lagi.

Gedung London Sumatera

Ingin berfoto di tempat yang unik di Medan? Anda bisa datang langsung ke Gedung London Sumatera. Gedung dengan arsitektur bergaya Eropa ini ada di Medan Barat.

Gedung ini menjadi salah satu spot wisata instagramable Medan. Wisata ini sangat favorit karena Anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa ada tiket masuk.

Medan juga terkenal dengan masyarakatnya yang multikultural. Tidak salah jika di kota ini juga terdapat banyak tempat wisata religi. Berikut ini adalah daftar tempat wisata religi di Medan:

Masjid Raya Al Mashun

Tepat di seberang Istana Maimun terdapat Masjid Raya Al Mashun atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Raya Medan. Masjid ini juga termasuk salah satu ikon Kota Medan dan menjadi tempat wisata religi Medan terfavorit bagi umat muslim.

Bangunan masjid ini dibungan pada awal tahun 1900 an dengan gaya arsitektur Timur Tengah. Arsitektur masjid ini memadukan gaya arsitek Spanyol, India, dan Timur Tengah.

Graha Maria Annai Velangkanni

Tidak hanya wisata religi untuk umat islam saja, di Medan juga terdapat Gereja Katolik yang unik. Graha Maria Annai Velangkanni merupakan Gereja Katolik di Kota Medan dengan keunikan desain arsitekturnya. Desain arsitektur gereja ini mengadopsi desain kuil khas India-Mughal.

Penampakan luar gereja ini memang sekilas tampak seperti kuil atau vihara. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari gereja yang ada di Jalan Sakura, Tuntungan, Medan.

Maha Vihara Maitreya

Di Medan juga terdapat kuil atau vihara yang unik yaitu Maha Vihara Maitreya. Kuil ini mempunyai desain arsitektur yang unik khas India. Desain arsiteknya inilah yang menjadi keunikan tersendiri dan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Kuil Shri Mariamman

Tidak hanya kuil Budhha saja, di Medan juga terdapat kuil Hindu dengan gaya arsitektur India. Kuil ini adalah Kuil Shri Mariamman yang ada di daerah Petisah Tengah.

Shri Mariamman termasuk salah satu kuil terbesar umat Hindu di Medan. Tempat ini juga termasuk salah satu destinasi wisata religi unik Medan.

Keunikan dari kuil ini ada pada arsitektur bangunan dan gapura atau gerbang masuknya. Gerbang masuk kuil ini berbentuk tingkat seperti kuil Hindu yang ada di daerah India Selatan.

Klenteng Gunung Timur

Vihara atau Klenteng Gunung Timur merupakan salah satu vihara terbesar yang ada di Medan termasuk Sumatera Utara. Sudah ada sejak tahun 1930, klenteng ini menjadi salah satu pusat ibadah umat Kong Hu Cu di Medan.

Masjid Al Osmani

Tempat wisata religi Medan bagi umat muslim salah satunya adalah Masjid Al Osmani. Masjid ini berada di Labuhan Medan dan lebih dikenal sebagai Masjid Labuhan.

Keunikan dari masjid ini ada pada arsitektur bangunannya yang bergaya India. Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan peninggalan bersejarah di Medan.

Di Medan juga terdapat banyak wisata alam yang wajib Anda jelajahi, yaitu:

Air Terjun Sipiso Piso

Wisata alam Medan yang terkenal salah satunya adalah air terjun Sipiso Piso. Air terjun dengan tinggi hampir 120 meter ini akan memanjakan mata Anda. Hijaunya pemandangan sekitar dan udaranya yang segar akan membuat Anda merasa tenang.

Apalagi untuk masuk ke area air terjun ini Anda hanya perlu membayar parkir Rp 3.000 saja. Agar bisa sampai di air terjunnya Anda harus berjalan kaki beberapa menit. Lelah Anda akan terbayar setelah berada di bawah air terjun ini.

The Le Hu Garden

Medan mempunyai taman bunga yang terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Medan yaitu The Lu Hu Garden. Tempat ini menyediakan banyak wahana dan spot foto yang menarik. Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000 saja untuk bisa masuk ke taman ini.

Wisata Merci Themepark and Resto

Berlibur di Medan bersama dengan anak-anak? Anda wajib untuk datang ke Merci Theme Park and Resto yang ada di Deli Tua Medan.

Ini merupakan tempat wisata anak di Medan yang menyuguhkan wahana wisata air yang menarik. Selain bermain air, Anda juga bisa bersantai di resto yang ada di sini.

Taman Buaya Asam Kumbang

Jika biasanya kebun binatang berisi banyak jenis binatang, di Medan terdapat kebun binatang khusus untuk buaya. Kebun binatang ini adalah Taman Buaya Asam Kumbang.

Sesuai dengan namanya, ini merupakan tempat penangkaran buaya yang ada di Medan. Penangkaran buaya ini juga merupakan salah satu penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara. Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 per orang saja.

Taman Wisata Danau Siombak Marelan

Lebih dikenal dengan nama Danau Siombak terletak di Medan Marelan. Luas dari danau ini adalah 40 hektar dengan diameter 1000 meter. Danau ini dikenal karena keindahan alamnya dan terdapat banyak spot foto yang menarik.

Tempat ini bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan bersama dengan keluarga maupun untuk berbulan madu. Apalagi untuk masuk ke danau ini cukup membayar tiket sekitar Rp 10.000 saja.

Taman Air Percut

Deli Serdang Medan juga mempunyai taman air dimana terdapat danau buatan yang cukup luas. Taman ini adalah Taman Air Percut.

Wisata ini merupakan wisata keluarga murah meriah di Medan. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan. Anda juga bisa mengendarai bebek air bersama keluarga dan anak-anak Anda.

Central Park Zoo & Resort

Tempat rekreasi keluarga di Medan terlengkap adalah Central Park Zoo & Resort yang ada di Pancur Batu, Deli Serdang, Medan. Taman dengan luas kurang lebih 10 hektare ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Di sini ada aquarium, kebun binatang, museum, wahana air, dan berbagai fasilitas lainnya.

Anda hanya cukup berkunjung ke satu lokasi saja untuk menikmati berbagai wahana rekreasi. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ketika berada di Medan. Harga tiket masuk ke tempat ini sekitar Rp 50.000 per orang.

Wisata Sawah Pematang Johar

Medan yang panas juga mempunyai tempat wisata alam yang sejuk. Wisata ini adalah Wisata Sawah Pematang Johar. Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara persawahan dan pemandangan sawah yang hijau.

Taman Cadika Pramuka

Ingin piknik bersama dengan keluarga di Medan? Anda bisa mengunjungi Taman Cadika Pramuka yang ada di Medan Johor.

Taman ini merupakan tempat wisata keluarga di Medan yang berada di tengah kota. Di sini terdapat kolam dan area piknik serta tempat bermain anak. Anda bisa bersantai di taman ini dan melakukan berbagai aktivitas outdoor.

T. Garden Little Bali in Medan

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati nuansa Bali. Anda bisa datang ke T. Garden Little Bali in Medan yang ada di Deli Serdang.

Ini merupakan tempat wisata unik yang mengadaptasi budaya Bali. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 20.000 per orang untuk bisa masuk ke tempat wisata ini.

Armaya Wisata Alam

Armaya merupakan salah satu wisata alam di Medan yang menyajikan berbagai wahana menarik. Di sini Anda bisa berenang, bermain sepeda air, dan berbagai aktivitas lainnya. Apalagi untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000 per orang.

Taman Wisata Merci

Taman ini lebih di kenal dengan nama Merci Barn dan berada di Deli Serdang Medan. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata hits Medan yang pengunjungnya kebanyakan adalah anak muda.

Daya tarik taman ini adalah bangunan dengan bentuk kincir angin yang ada di Belanda. Ada juga banyak fasilitas rekreasi lainnya yang ada di taman ini.

Pemandian Alam Babar Sari

Medan juga mempunyai pemandian alam dengan pemandangan yang indah. Pemandian ini adalah Pemandian Alam Babar Sari yang ada di Deli Serdang. Di sini Anda bisa berenang dan berendam sambil menikmati pemandangan alam Medan yang indah.

Pantai Olo

Mempunyai hobi mancing? Anda harus datang ke Pantai Olo yang ada di Medan. Di sini Anda bisa memancing langsung di laut.

Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit memancing di Medan. Tempat ini juga merupakan satu-satunya wisata pantai Medan.

Kebun Binatang Medan

Medan juga mempunyai kebun binatang dan menjadi kebun binatang terbesar di Sumatera Utara. Kebun binatang ini ada di Simalingkar sehingga dikenal juga sebagai Kebun Binatang Simalingkar.

Di sini Anda bisa menyaksikan berbagai hewan koleksi kebun binatang dan berbagai atraksi. Tempat ini cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga selama di Medan.

Taman Ahmad Yani Medan

Ada lagi taman di Medan yang bisa Anda jadikan sebagai tempat piknik yaitu Taman Ahmad Yani. Taman ini ada di dekat Istana Maimun dan selalu ramai dikunjungi terutama oleh anak muda. Biasanya tempat ini ramai di sore dan malam hari.

Ekowisata Mangrove Sicanang

Wisata Mangrove Sicanang merupakan salah satu tempat wisata dengan spot bagus di Medan. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata edukasi di medan untuk mengenal tanaman mangrove.

Taman Sri Deli

Ingin hangout bersama teman atau keluarga? Anda bisa mengunjungi Taman Sri Deli yang tidak jauh dari Istana Maimun. Dulunya taman ini merupakan taman tempat bersantai para Sultan Deli.

Hutan Kota Taman Beringin

Di tengah Kota Medan terdapat sebuah taman yang asri yaitu Hutan Kota Taman Beringin. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Medan. Di sini Anda bisa bersantai dan menikmati kesegaran udara hutan kota ini.

Taman Lope Lope Bulu Cina

Salah satu tempat wisata populer Medan untuk anak muda adalah Taman Lope Lope Bulu Cina. Taman yang ada di daerah Hamparan Perak Kota Medan ini mempunyai spot foto yang instagramable dan pemandangan yang indah. Biasanya anak muda Medan menjadikan tempat ini sebagai tempat hangout bersama teman.

Budayaland

Hampir sama dengan taman lainnya yang ada di Medan. Budayaland merupakan taman bermain dengan arena bermain untuk anak. Di sini Anda juga bisa menaiki bebek air di danau buatan yang ada di dalamnya.

Taman Alamta Jaya

Alamta Jaya merupakan salah satu taman di Medan yang di dalamnya terdapat kolam renang. Taman ini cocok untuk liburan bersama dengan keluarga terutama anak-anak. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan dan berenang dengan berbagai wahana air lainnya yang ada di dalamnya.

Pantai Buih

Tidak seperti namanya, wisata air Medan ini merupakan pemandian umum bukan pantai. Karena pemandian alami ini banyak batu besar dan air mengalir deras maka airnya berbuih. Hal inilah yang membuatnya dinamakan Pantai Buih.

Lapangan Benteng

Ingin olahraga di ruang terbuka hijau? Anda bisa datang ke Lapangan Benteng. Di sini Anda bisa melakukan berbagai olahraga seperti lari, bermain bola, dan berbagai aktivitas lainnya.

Rekreasi Lau Penda

Lau Penda merupakan wisata alam terbaik di Medan berupa sungai bebauan dengan pemandangan yang indah. Di sini Anda bisa berenang, memancing, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Danau Alam Jaya

Ingin menikmati keindahan alam di Kota Medan? Anda bisa berkunjung ke Danau Alam Jaya. Danau yang lokasinya di pusat Kota Medan ini termasuk wisata alam dengan pemandangan alam yang hijau dan indah.

Tempat wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga maupun teman. Di sini juga ada banyak spot foto yang menarik.

Medan Istana Jambu

Istana Jambu merupakan salah satu agrowisata Medan yang cocok untuk berlibur sekaligus belajar bagi anak-anak. Di sini Anda bisa memetik buah jambu dan berbagai buah lainnya langsung dari kebunnya.

Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 30.000 per orangnya. Selain petik buah, ada banyak wahana edukasi menarik lainnya yang ada di sini.

Taman Gajah Mada

Taman yang ada di daerah Medan Baru ini merupakan taman yang di dalamnya terdapat fasilitas olahraga. Tidak hanya bisa olahraga saja, Anda juga bisa piknik bersama dengan keluarga. Biasanya tempat ini juga dijadikan tempat penyelenggaraan event musik dan sejenisnya.

Anda yang hanya sekedar menghabiskan waktu luang juga bisa mengunjungi tempat ini. Untuk masuk ke taman ini tidak ada biayanya atau gratis.

Wisata Pancing Sungai Bedera

Mempunyai hobi memancing? Anda harus datang ke Wisata Pancing Sungai Bedera. Di sini Anda bisa memancing di sungai dengan mengendarai kapal maupun di tempat yang sudah tersedia.

Pemandian Putri Hijau atau Putri Deli

Pemandian ini merupakan pemandian umum yang terkenal dengan mitosnya. Dipercaya jika dulunya tempat ini merupakan pemandian istri dari Raja Aru yang terkenal di Medan.

Mitos berkembang bagi perempuan yang masih single jika mandi di sini akan cepat mendapatkan jodoh. Jika perempuan yang sudah beristri maka suaminya akan setia kepadanya.

Prima Wisata Edukasi Desa Selemak

Tempat wisata ini merupakan wisata alam dengan danau buatan dan beberapa kandang hewan. Tempatnya sangat nyaman dan cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga. Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orangnya.

Pandawa Kayak

Wisata alam murah meriah di Medan salah satunya adalah Pandawa Kayak. Tempat ini merupakan danau yang cukup luas dengan pemandangan alam yang indah.

Salah satu aktivitas favorit di tempat ini adalah menaiki kapal kayak khas Medan. Tempat wisata yang ada di Medan Johor ini selalu ramai di akhir pekan dan hari libur.

Kampung Outbound Pancur Batu

Tempat ini merupakan wisata outbound yang ada di Deli Serdang, Medan. Kampung Outbound Pancur Batu mempunyai banyak spot foto yang unik. Tidak salah jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit anak muda Medan.

Taman Edukasi Medan

Ingin berpetualang di Medan? Tidak perlu naik gunung, Anda bisa datang ke Taman Edukasi Medan. Di sini Anda akan diajak berpetualang di wahana yang ada di taman ini.

Anda juga bisa mengambil gambar dengan spot-spot yang unik dan bagus. Taman yang ada di Medan Johor ini selalu ramai pada saat hari libur.

Wisata Sejahtera

Tempat ini merupakan tempat rekreasi air dengan berbagai wahana yang menyenangkan. Di sini Anda bisa berenang sambil menikmati berbagai wahana air yang seru.

Wisata Sejahtera mengusung konsep keluarga dengan tempat yang nyaman dan bersih. Harga tiket masuknya juga murah hanya Rp 10.000 per orangnya.

Medan Edu Fun

Medan Edu Fun merupakan sebuah tempat outbound yang menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan. Cocok untuk Anda yang ingin melakukan gathering maupun outbond bersama teman kelas maupun teman kerja.

Danau Toba

Wisata terkenal Medan adalah Danau Toba dan Pulau Samosir. Danau vulkanik yang ada di Medan ini menjadi salah satu tempat wajib yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Utara.

Keindahan alam dan legenda yang menyelimuti danau ini menjadi daya tarik tersendiri. Danau ini juga menjadi salah satu tempat bulan madu terbaik di Medan.

Selain menikmati pemandangannya, Anda juga bisa naik kapal untuk menuju Pula Samosir yang ada di tengah danau.

Menara Pandang Tele

Ingin melihat Danau Toba dari ketinggian? Anda harus mengunjungi Menara Pandang Tele. Di sini Anda bisa melihat langsung keindahan Danau Toba dari ketinggian.

Untuk masuk ke sini Anda hanya perlu membayar tiket Rp 2.000 per orang saja.

Geosite Sipinsur

Tempat ini tidak jauh dari Danau Toba, jadi setelah dari Danau Toba Anda bisa datang ke tempat ini. Geosite Sipinsur merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan alam Medan. Di sini Anda bisa berkeliling di hutan pinus dan menikmati pemandangan pegunungan Medan yang indah.

Danau Linting

Tidak hanya Danau Toba, di Medan juga ada Danau Linting yang tidak kalah cantiknya dengan Danau Toba. Keunikan dari danau ini adalah warna air dalam danau ini. Danau ini mempunyai warna tosca yang cantik. Tidak jauh dari danau ini juga terdapat pemandian air hangat alami.

Untuk bisa berendam di pemandian air hangat dan menikmati keindahan Danau Linting Anda cukup membayar biaya masuk Rp 10.000 per orang.

Taman Labirin

Tidak hanya pemandangan cantik saja yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Taman Labirin. Di sini Anda ditantang untuk bisa menyelesaikan labirin yang ada di taman ini.

Taman Labirin sangat cocok untuk Anda yang suka tantangan dan ingin mencoba menyelesaikan labirinnya. Jangan lewatkan taman yang ada di daerah Kodon-Kodon Medan ini.

Funland Mikie Holiday

Hampir mirip dengan Dufan di Jakarta, Funland Mikie Holiday merupakan taman rekreasi keluarga di Medan. Di sini terdapat banyak wahana yang menyenangkan untuk Anda dan anak-anak. Tiket masuk ke tempat ini juga tergolong murah yaitu Rp 5.000 per orang.

Savana Afrika

Di Medan juga terdapat savana seperti savana yang ada di Afrika. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk bisa melihat savana layaknya di luar negeri. Anda bisa datang ke savana yang ada di Tongging, Medan.

Arung Jeram Sungai Bingei

Sungai Bingei termasuk salah satu sungai dengan arus yang kencang di Medan. Karena arusnya inilah sungai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat arung jeram.

Anda yang suka dengan tantangan harus mencoba wisata arung jeram Sungai Bingei ini. Satu paket arung jeram di sungai ini harganya adalah Rp 250.000.

Cagar Alam Sibolangit

Medan mempunyai cagar alam dengan air terjun yang indah yaitu cagar alam Sibolangit. Tidak hanya air terjun, Anda juga bisa mengeksplor hutan yang ada di sekitarnya.

Pemandangan alamnya yang indah dan kesejukan udaranya akan membuat Anda rileks dan tenang. Untuk masuk ke kawasan ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Kampung Ladang Outbound

Ingin outbond di Medan? Anda bisa mengunjungi Kampung Ladang Outbond yang ada di daerah Pancur Batu Di sini ada banyak wahana outbond yang menyenangkan untuk anak maupun dewasa. Tidak hanya itu, spot foto di tempat ini juga terkenal bagus dan instagramable.

Harga tiket masuk ke lokasi ini juga murah hanya Rp 5.000 per orangnya.

Kampung Keling (Kampung Madras)

Nama lain Kampung Keling adalah Kampung Madras atau sering disebut dengan Little India. Disebut dengan nama ini karena kampung ini merupakan kampung orang India asli yang datang ke Medan.

Di sini Anda akan merasakan suasana khas India karena semua yang tinggal adalah orang India. Ada banyak tempat-tempat khas India yang bisa Anda kunjungi di kampung ini.

Air Terjun Dua Warna

Alam Medan juga menyimpan keindahan air terjun yang tiada tara, air terjun ini adalah Air Terjun Dua Warna yang ada di Sibolangit. Anda bisa mandi dan berenang di kolam air terjun yang jernih dan menyegarkan.

Hillpark Sibolangit

Lokasi dari Hillpark ini tidak jauh dari Air Terjun Dua Warna dan masih dalam bagian cagar alam Sibolangit. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus mengunjungi taman dengan desain yang megah. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 50.000 per orang.

Anda yang ingin menikmati berbagai wahana wisata air yang ada di Medan bisa mengunjungi tempat-tempat berikut ini:

Wonders Water World

Taman rekreasi air Medan dengan wahana yang banyak adalah Wonders Water World yang ada di Medan Polonia. Di sini ada 5 area utama yaitu kolam ombak, kolam arus, seluncuran, area bermain anak, dan kapal bajak laut.

Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga terutama anak-anak. Apalagi tiket masuk ke tempat ini hanya Rp 50.000 per orangnya. Dengan harga tiket ini Anda bisa bermain air sepuasnya di sini.

Bima Utomo Waterpark

Medan juga mempunyai waterpark dengan harga tiket masuk yang terjangkau yaitu Bima Utomo Waterpark. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 35.000 per orang saja untuk masuk ke taman air ini.

Di tempat ini Anda bisa berenang dan menikmati berbagai wahana air menarik seperti seluncuran, air mancur, dan wahana lainnya. Tempat ini cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga selama di Medan.

Kolam Renang Selayang Medan

Tempat ini menjadi salah satu kolam renang yang cukup terkenal di Medan. Kolam Renang Selayang Medan biasanya dijadikan sebagai tempat latihan para atlet renang Medan. Di sini hanya terdapat kolam renang biasa tanpa adanya tambahan wahana lainnya.

Kolam Renang Bintang Johor

Satu lagi kolam renang di Medan yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur bersama anak, Kolam Renang Bintang Johor. Kolam renang yang ada di Tumpatan Nibung, Medan ini mempunyai beberapa wahana menarik termasuk seluncuran. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang hijau.

Tiket masuk ke kolam renang ini juga cukup terjangkau hanya sekitar Rp 16.000 saja per orang.

Kolam Renang Armaya

Masih ingin berenang di sekitaran Kota Medan? Anda bisa datang ke Kolam Renang Armaya yang ada di Deli Serdang. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata kolam renang di Medan yang paling terkenal.

Kolam renang ini berada di pegunungan sehingga mempunyai pemandangan alam yang indah. Anda bisa berenang sambil bersantai menikmati kesejukan udara di sekitarnya.

Kolam Renang Kuala Mega

Salah satu kolam renang yang paling recommended di Medan adalah Kolam Renang Kuala Mega. Kolam renang yang ada di daerah Medan Sinembah ini mempunyai bentuk yang unik dengan pulau buatan di tengahnya.

Fasilitas dalam kolam renang ini juga lengkap dan bersih. Apalagi untuk masuk ke kolam renang ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja per orang.

Kolam Renang Seksama Indah

Cuaca panas Kota Medan membuat Anda ingin berendam dan bermain air bukan? Anda bisa mengunjungi Krensi atau Kolam Renang Seksama Indah yang ada di  Medan Amplas. Cukup membayar Rp 10.000 per orang Anda sudah bisa berenang dan bermain air sepuasnya.

Mora Indah

Berenang menjadi salah satu wisata yang banyak peminatnya di Medan. Tidak salah di sini banyak kolam renang atau tempat rekreasi air. Salah satunya adalah Mora Indah yang ada di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Tempat ini cocok untuk berwisata bersama anak-anak. Di sini Anda bisa berenang dan berseluncur serta menikmati berbagai wahana lainnya. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 50.000 per orang.

Green Dim Park

Tempat wisata air di Medan yang menjadi favorit anak-anak di Medan adalah Green Dim Park. Taman air ini mempunyai banyak wahana yang seru dan menarik. Harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 50.000 per orangnya.

Hairos Water Park

Waterpark atau taman wisata air di MEdan memang cukup banyak, salah satunya adalah Hairos Waterpark. Taman air ini ada di daerah Pancur Batu dekat dengan Kota Medan.

Di sini Anda tidak hanya bisa berenang saja tapi juga bisa bermain berbagai wahana air menarik. Tempat ini cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat liburan bersama anak-anak. Harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 45.000 per orang.

Old City Hall/Balai Kota Lama

Anda yang suka dengan fotografi wajib untuk mengunjungi Balai Kota Lama Medan. Arsitektur dari balai kota ini bergaya Eropa Kuno dan tidak berubah sampai sekarang. Desain arsitekturnya ini bisa Anda gunakan sebagai objek fotografi selama di Medan.

Lokasi dari balai kota ini tidak jauh dari Tjong A Fie Mansion. Anda bisa naik becak motor atau sewa sepeda motor untuk sampai ke sini.

Sewa sepeda motor Medan untuk liburan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kami menyediakan sewa sepeda motor dan mobil untuk Anda yang ingin berwisata di Medan. Anda bisa langsung cek dan booking kendaraan Anda di sini.

Merdeka Walk

Spot wisata Medan yang wajib Anda kunjungi di malam hari adalah Merdeka Walk. Suasana malam hari di sini sangat ramai dan meriah. Ada banyak spot foto instagramable di sini.

Tidak hanya itu, kuliner malam di daerah sini juga sangat banyak. Anda yang ingin mencoba makanan khas Medan yang enak wajib datang ke sini.

Upside Down World Medan

Di Medan juga terdapat tempat wisata hits Upside Down World yang ada di Deli Tua. Di sini Anda bisa berfoto dengan background furniture terbalik dan background lainnya. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit liburan anak muda Medan.

Jembatan Titi Gantung

Ini merupakan salah satu jembatan bersejarah di Medan. Jembatan Titi Gantung menjadi salah satu spot pengambilan foto di Kota Medan.

Pajak Ikan Lama Medan

Tempat wisata belanja Medan yang cukup terkenal adalah Pasar Pajak Ikan Lama yang ada di Kesawan, Medan. Di sini Anda bisa belanja kain dengan harga yang miring dengan kualitas yang bagus.

Kongsi (Kampoeng Selfie)

Medan mempunyai sebuah kampung yang dicat warna-warni sehingga menarik dan unik. Lokasinya ada di belakang kantor PLN Cipto Medan dan bisa Anda jangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Di sini Anda bisa mengambil gambar dengan latar yang unik dan instagramable. Tempat ini biasa digunakan oleh anak muda Medan untuk mengambil foto-foto yang unik.

The Garden Cafe

Ingin wisata kuliner Medan yang hits dan enak? Anda bisa mengunjungi The Garden Cafe yang ada di dekat Istana Maimun. Suasana disini sangat nyaman untuk berkumpul dengan sajian menu yang lengkap dan lezat.

Resep Nenek Moyangku

Ingin merasakan kuliner asli Medan? Anda bisa langsung datang ke Resep Nenek Moyangku yang ada di Petisah tengah Medan.

Di restoran ini Anda bisa menikmati kuliner khas Medan yang lezat. Citarasa masakan di sini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Dari 83 tempat wisata Medan ini apakah salah satunya sudah pernah Anda kunjungi? Anda harus mengatur daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi selama di Medan mulai dari sekarang. Jangan sampai Anda melewatkan tempat wisata menarik yang ada di Medan.

Hotel terbaik di Medan

Anda yang menginginkan pijat namun ingin datang ke Lokasi, kami membantu informasi layanan pijat untuk area kota Medan dan sekitarnya, sebagai berikut :

1 Pijat Panggilan Medan (Khusus Wanita)

Jl. Banyu Urip Jl. Marelan Ps. 3 Barat No.LK.14, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20255

2 Lion Spa – Pijat Panggilan Medan

Jl. Bukit Barisan I, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara

3 Panggilan pijat khusus wanita seputaran kota Medan

Jl. Dr. Mansyur, Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sulawesi Utara 20122

4 enggar pijat medan

Jl. Karya Jaya, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20219

5 Panggilan pijat khusus wanita seputaran kota Medan

Jl. Dr. Mansyur, Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sulawesi Utara 20122

6 Pijat pria medan

Jl. K.H. Wahid Hasyim, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20211

7 Tukang Kusuk Ibu Sianturi

JL Balai Desa, Medan Amplas, Deli Serdang, Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20157

8 Kusuk Sehat

Jl. Kh. Wahis Hasyim, Sei Sikambing D, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20114

9 In Spa

JL Gatot Subroto, Kompleks Ruko Medan Fair Plaza No. B-9, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

10 Medan Refleksi

Jl. Orion No.23, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

11 Rindana (Pijat Refleksi)

Jl. Perjuangan No.4, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122

12 Kusuk Badan

Jl. Bunga Asoka No.123, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20128

13 Tk.Kusuk Tradisional

Jl. Perjuangan, Sidorame Tim., Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara 20233

14 Hardi Kusuk

Jl. Bunga Raya No.37, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20128

15 Melati Panti Pijat

Jl. Teuku Umar No.85, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

16 Pijat Traditional

Jl. Bunga Ester, Beringin, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20157

17 Panti Pijat Jamin

Jl. Sei Putih No.56, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153

18 Panti Pijat Jamin

Jl. Sei Putih No.56, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153

19 Love Massage Pijat & Lulur Medan

Jl. Ring Road No.7, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20133

20 Ahli Pijat Urat Tradisional Bu Tiwi dn Teraphy Modren Yoedhi..

Jl. Pancing II No.13, Indra Kasih, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara 20221

Kami memberikan akses dan pengalaman ketika anda membutuhkan jasa pijat panggilan medan / kusuk medan olx / kusuk sehat medan / pijat panggilan khusus pria medan / pijat panggilan kota medan / pijat panggilan medan – kota medan, sumatera utara / pijat panggilan medan 2018 / pijat panggilan medan 2019 / pijat panggilan medan 2020 / pijat panggilan medan 24 jam / pijat panggilan medan olx / pijat pria panggilan medan kota medan sumatera utara / pijat tradisional kota medan sumatera utara / tukang pijat panggilan kota medan / Pijat Panggilan Medan (Khusus Wanita) / pijat panggilan khusus wanita / massage panggilan / massage panggilan terdekat dari lokasi saya / massage terdekat / massage terdekat dari lokasi saya / massage terdekat dari lokasi saya sekarang / massage terdekat lokasi saya / panti pijat terdekat / pijat online terdekat dari lokasi saya / pijat panggilan / pijat panggilan pria terdekat dari lokasi saya / pijat panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat panggilan terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat panggilan terdekat lokasi saya / pijat refleksi panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat refleksi terdekat dari lokasi saya / pijat terdekat / pijat terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat terdekat lokasi saya / pijat tradisional terdekat dari lokasi saya / pijat urut terdekat dari lokasi saya / spa terdekat dari lokasi saya / tempat pijat refleksi terdekat dari lokasi saya / tukang pijat panggilan terdekat dari lokasi saya / tukang urut panggilan terdekat dari lokasi saya / tukang urut perempuan terdekat dari lokasi saya / tukang urut terdekat dari lokasi saya Semua bisa terapis kami layani dengan baik dan menyenangkan.

Kita tidak menyediakan layanan pijat plus / jasa pijat pijat plus panggilan terdekat dari lokasi saya / massage plus plus terdekat dari lokasi saya / massage plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat plus panggilan terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat plus plus panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya sekarang / pijat plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus2 pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus2 tukang pijat panggilan pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / pijat vitalitas terdekat dari lokasi saya / spa plus terdekat dari lokasi saya / tukang pijat panggilan pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / tukang pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / spa plus plus kota medan sumatera utara / panti pijat plus pijat panggilan medan kota medan sumatera utara / pijat plus panggilan medan 24 jam.

Artikel Lainnya

Terpopuler